Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Minggu, 14 April 2013

Semester 4 FK UNS

Memasuki semester 3, yang konon katanya adalah semester paling hectic selama belajar di FK, awalnya adalah menggebu-gebu dengan semangat membara *halah*. Apalagi blok pertama adalah reproduksi, dimana blok ini adalah blok yang spesial untuk wanita, jelas aku semangat banget buat jalaninnya. Di blok ini yang paling "sesuatu" adalah praktikum anatominya, pasti yang cowok2 pada semangat banget. Seperti biasa tiap pretes anatomi aku belum pernah lulus, pasti inhal, udah langganan, padahal juga udah belajar keras semaleman, yaa mungkin gara2 belajarnya "cuma semaleman" itu kali yaa.. tapi kegagalan di pretes anatomi terbayar lunas dengan hasil responsiku yang sangat memuaskan, 86, paling tinggi seangkatan.. *yeay* :D

Walaupun di blok ini udah sangat sibuk, tapi masih bisa bernafas lah buat aku yang termasuk mahasiswa "santai". Aku masih bisa ikut kuliah full (yah, walaupun obsgyn 2 aku bolos gara2 jadwal pindah dan aku ketiduran dirumah), tapi aku masih lumayan bisa sempet pijit (walaupun berangkatnya subuh) dan nyuci baju sendiri dirumah (walaupun malem dan seminggu sekali).

Bagi sebagian besar mahasiswa yang sudah merasa "keberatan" dengan blok reproduksi, mereka akan lebih "tergampar" lagi ketika memasuki blok kedua yaitu urologi. Ada seorang temen yang bilang: "blok repro yang praktikum 5 lab aja udah bolos separo kuliah, gimana blok uro yang praktikumnya ada 6 lab???". Di blok ini memang kalian akan menemukan hari dimana kemarin sore asistensi, sekarang praktikum, besok ngumpulin laporan dan lusa responsi. Tiap hari kalian berangkat dari rumah subuh dan itu juga pake kebut-kebutan dijalan (rumahku jauh mamen) karena masuk antara jam 5.15-6 pagi. Tiap hari!! Telat refrat!!!

Gak ada waktu buat tidur kecuali weekend, soalnya tiap hari pretes/responsi, kalian harus milih antara belajar atau tidur, kalo belajar kalian gak tidur, kalo tidur yaa gak belajar, kalo gak belajar ya inhal, ngerjain tugas, ending-endingnya juga gak jadi tidur. Masih mending kalo inhal pretes, kalo responsi?? lebih gawat lagi, bisa-bisa remed dan mengancam kelulusan blok. Belum lagi BRK praktikum, skills lab, fieldlab, laporan, tutorial, dll, apalagi kalo kalian aktivis yang dikejar proposal/LPJ/proker, terus PKM, semua menghantui. Mampus beneran kalian kalo gak siap fisik mental!

Bener-bener gak ada waktu buat tidur, rebahin badan sejenak aja gak tenang, apalagi sakit, jelas di semester ini apapun yang terjadi gak boleh sakit, gak ada waktu buat sakit, kalo sampe sakit hancur semuanya!

Kalian bener-bener ngerasa gimana sakitnya saat ada temen fakultas sebelah dengan entengnya bilang: "Makul ini doang, dapet A lah ya.." disini, boro-boro berharap dapet A, kita bisa lulus aja udah perjuangan banget. Ada juga yang bilang "sama nis, tugasku juga banyak, udah langganan malah". enak banget ngomongnya, mo tukeran tugas? Situ dengan mudahnya dapet nilai A, dengan mudahnya dapet IP tiga koma,  dengan mudahnya berkeluh kesah dengan laporan yang cuma 4 kali seminggu, dengan entengnya mengumpat-umpat dosen karena masuk jam 7. Pliss, kita disini jauh lebih berat. Kita masuk tiap hari antara jam 5.15 - 6.00 pagi, kita dikejar deadline laporan/BRK tiap hari, kita ada pretes-responsi tiap hari. Dan kita bukan mahasiswa abal-abal, yang masuk FK karena keberuntungan, kita dulu disaring, di angkatanku SNMPTN paling rendah yang diterima nilainya 92, gak main-main. Kita dulu saat bangku sekolah bukan siswa rata-rata, walaupun kita saat itu masih belajar santai, kita bisa bilang semua pelajaran itu mudah dan dapet nilai bagus saat yang lain merasa kesulitan dan gak bisa mengerjakan. Tapi sekarang, saat kami bilang susah, saat kami merasa berat, apa yang bisa kalian katakan? "sama, gua juga" pantes ngomong gitu?? gak malu????

ini ada satu screenshoot jadwalku selama 2 minggu terakhir:

Lihat dan cermati, itu hanya jadwal kuliah "mikir" yang tertulis, terlepas dari segala kuliah teori, kegiatan organisasi, UKM, PKM, baksos, dan kegiatan rumah (aku anak rumah, jadi ada pertemuan karang taruna, nyinom, kerja bakti, dll). Sampe-sampe bapakku aja gak tega lihat anaknya berangkat sendiri dan mau nganterin subuh-subuh, padahal bapakku biasanya paling ogah nganterin aku soalnya beliau sendiri juga sibuk sekarang, nganterin adik juga berangkat pagi...... beliau takut aku kenapa-kenapa dijalan kan diburu waktu, jalanan masih gelap, kalo bensin habis/ban bocor belum ada bengkel yang buka, kondisi fisik sempoyongan karena kurang tidur dan kecapean, ngeri deh pokoknya!

Ujian blok itu bobotnya 4 sks. dan nilai C adalah "tidak kompeten" alias "ngulang". Padahal kapan waktu kita buat belajar ujian blok???? Bahkan sebelum UB kita responsi, tentu prioritas belajar kita terbagi, dan sebelum-sebelumnya sama sekali gak ada waktu luang.

Jadi bagi anda yang bukan mahasiswa FK, jangan sekali-kali mencela, menghujat atau meremehkan mahasiswa FK! Apalagi mencela, menghujat, atau meremehkan dokter, karena mereka jauuuuhhh lebih sibuk daripada mahasiswa FK, melihat perjuangan mereka selama menjadi mahasiswa, koass, internship dan pengabdian mereka sebagai dokter. Dimana kompetensi mereka sangat dituntut namun tidak dihargai. Jangan samakan profesi dokter dengan profesi lain!!! Pressure mereka lebih tinggi. Resiko jauh lebih besar. Tuntutan sangat berat. Namun penghargaan sangat minimal.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar