Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Kamis, 22 Januari 2015

Blok Elektif Gizi Klinik


Assalamu'alaikum wr. wb.

Di post kali ini insyaallah aku akan membahas tentang blok elektif di program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran uns. Kenapa perlu dibahas? karena ini salah satu blok yang unik.. hehehe... jika blok lain kalian menggunakan sistem paket alias ya udah, mau nggak mau ya itu blok yang harus kalian ambil, berbeda dengan blok elektif ini, kalian bisa memilih blok mana yang ingin kalian ambil. Pilihannya adalah blok kedokteran olahraga, blok kedokteran kerja, blok biomedik dan blok gizi klinik. Nah disini saya khususkan untuk membahas blik gizi klinik.

Blok gizi klinik adalah blok paling spesial di bandingkan blok blok lain. Kenapa? Karena blok ini susah na'udzubillah......... tugasnya buanyaaakkk.... kuliahnya horor..... pokoknya kalo kamu belum kelar skripsi jangan coba-coba ambil blok ini, nggak ada waktu senggang sama sekali, kuliah tiap hari dari pagi sampe sore, dan dirumah pun kamu harus ngerjain tugas yang bejibun, laporan-laporan, bikin logbook, dll. Bakal nggak sempet kamu nyentuk skripsi sedetikpun.

Blok ini juga spesial karena satu-satunya blok yang ada pretest sama posttest nya. Blok yang lain mah nyantai... udah gitu pretest sama posttestnya soalnya susaahhh..... kudu belajar giat pokoknya, kudu rajin baca jurnal, kudu hafal textbook dan kudu jago ngitung.

Oh iya, tadi aku nyinggung logbook ya? Apa sih logbook? Itu loh semacam buku rencana kerja yang harus dibuat sebelum kita mulai praktikum. Bedanya dengan BRK, kalau BRK kan udah ada materinya dan kita tinggal nyontek tuh, kalo logbook materinya absurd, nyari sendiri... mumet nggak sih.. dan kalo salah nanti disuruh revisi, ngeri ndes... belum lagi laporan, buanyak banget dan kudu rapi dan lengkap. Lengkap itu maksudnya bener-bener dijabarkan detail. Walaupun misalnya semua bab sudah kamu tulis, tapi misalnya penjelanmu dirasa kurang gamblang (kurang banyak halamannya) nanti disuruh revisi. Padahal kalo revisi ya paling sama aja sih isinya, cuma dibulet-buletin kalimatnya biar keliatan banyak gitu.

Nerakanya lagi, blok  ini selain susah, kuliahnya horor dan banyak tugasnya, nilainya juga pelit. Hiks..... T.T
Kita tuh udah berusaha belajar lembur-lembur, ngerjain tugas mati-matian, revisi buanyak segala macem, ngerjain susah ya perasaan udah bisa 80% lah minimal, tapi tetep aja nilainya dapet B. hiks...hiks...hiks.... T.T

Mendingan kalian ambil blok kedokteran olahraga aja, asik, main-main doang kerjaannya. Kuliahnya juga seminggu cuma sekali. Terus kalo bisa menangin tantangan dari dosennya ntar dapet hadiah... kayak temenku tuh ada yang dapet jaket segala macem.

Lebih mending lagi kedokteran kerja. Kuliah cuma 3 kali.. nggak pake ujian lagi... huahahaha... itu pas banget buat mahasiswa semester akhir yang sedang fokus ingin menyelesaikan skripsi.

Tapi kalau kalian emang super rajin dan pembelajar sejati, boleh kok ambil gizi klinik. Soalnya ilmunya bermanfaat banget dan aplikabel banget buat kita sebagai dokter umum nantinya.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

My Micro World mengatakan...

Wah, di FK UNS pake sistem blok gitu ya... Kalau di FK Untan pake sistem modul, mba. Jadi langsung paketan gitu hehe.
Oh ya, salam kenal ya mba. Kalau sempat, mampir ke blog ku juga ya :)

Unknown mengatakan...

iya dik, sistem blok juga sebenarnya paketan, tapi khusus di blok elektif ini mahasiswa bisa milih.. tapi yang lain ya tetep sepaket.. hehehe... salam kenal juga.. :)

Posting Komentar