Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Sabtu, 19 Juli 2014

Tips dan Trik lolos ujian tulis masuk kedokteran

Bulan Juli, euforia kelulusan siswa-siswi SMA mulai mereda, dan berganti menjadi kecemasan menghadapi ujian yang lebih berat, ya, pengumuman kelulusan ujian masuk perguruan tinggi. Tanggal 16 Juli kemarin adalah hari yang mendebarkan bagi sebagian besar tamatan SMA karena pada hari tersebut diumumkan apakah mereka berhasil diterima di perguruan tinggi favorit mereka ataukah harus berjuang kembali. Ada sebagian siswa yang gembira karena berhasil diterima di pilihan pertama mereka, ada yang cukup bersyukur diterima di pilihan kedua dan selanjutnya, serta ada pula yang harus tetap berjuang karena belum diterima.

Nah, di post kali ini saya bermaksud membagi tips dan trik agar lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan pengalaman pribadi dan nasihat dari senior maupun guru-guru saya.

Pertama, kenali potensi dan passionmu.
Setiap orang itu cerdas. Hanya saja letak kecerdasan setiap orang berbeda-beda. Temukan passion-mu dan  gali bakatmu. Tidak perlu takut untuk keluar dari zona nyaman dan anti-mainstream, tidak perlu gengsi pada teman-teman yang mengambil jurusan mainstream, pastikan bahwa jurusan yang akan kamu pilih nanti sesuai dengan minat dan bakatmu. Karena sesungguhnya yang menentukan kesuksesan seseorang adalah dirinya sendiri, jika seseorang merasa nyaman maka tentu hasil yang dicapai akan lebih baik dibandingkan mereka yang berada dalam tekanan dan kejenuhan. Jangan sampai mengambil jurusan kedokteran hanya karena gengsi atau permintaan orang tua, karena sekali masuk kedalam dunia medis, kamu tidak akan pernah bisa keluar.


Kedua, buat target.
Setelah mengetahui passion dan bakatmu, tulislah jurusan yang sesuai dengan passion-mu itu di tempat yang mudah kamu lihat. Jurusan itu adalah target utamamu. Setelah itu gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan tersebut, termasuk passing grade-nya. Buat sebuah flow chart, yang isinya langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mencapai target itu. Kalau perlu, buatlah timeline kapan kamu harus menyelesaikan langkah-langkah itu, ini adalah target kecilmu.


Ketiga, kenali kelemahanmu.
Dalam seleksi masuk perguruan tinggi, diuji kemampuan dasar, kemampuan IPA dan Tes Potensi Akademik (TPA). Untuk tes potensi akademik, faktor terbesar yang menentukan kelulusan adalah kecerdasan siswa sendiri. Meski begitu, pembiasaan mengerjakan latihan soal TPA dapat meningkatkan 5 -7 % skor TPA-nya. Skor tes TPA ini sangat penting karena memiliki porsi 60% dari nilai akhir, sementara kemampuan dasar dan IPA hanya menentukan 40%. Apabila skor TPA lebih dari 80%, maka siswa tersebut kemungkinan besar diterima di fakultas kedokteran universitas ternama. Apabila skornya 70-80% maka siswa tersebut boleh optimis namun tetap harus mempertimbangkan pilihan kedua. Dan apabila skornya kurang dari 70 disarankan menurunkan target dengan memilih jurusan lain yang lebih tendah passing gradenya atau memilih tetap di sekolah kedokteran namun di universitas yang berada di level lebih rendah.Untuk tes kemampuan dasar, setidaknya kamu berhasil menguasai 60%. Untuk kemampuan ipa, karena masing-masing terdiri dari 15 soal, kamu harus menempatkan prioritas di keilmuan mana kamu merasa lebih baik. Kamu tidak harus menguasai semuanya, karena nilai akhir adalah nilai akumulasi persentil dari masing-masing bidang ilmu.Gambarannya seperti ini:
1. Bahasa Indonesia. Karena pelajaran ini gampang-gampang susah, rata-rata siswa berhasil menjawab 8 soal.
2. Bahasa Inggris. Pelajaran ini dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, mereka biasanya hanya mampu menjawab benar 7 soal.
3. Matematika dasar. Pelajaran ini juga dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, dan seperti bahasa inggris, rata-rata peserta ujian hanya mampu menjawab benar 7 soal.
4. Matematika IPA dan Fisika. Kedua mata ujian ini dianggap momok oleh sebagian besar siswa. Mereka seringkali merasa kesulitan dan hanya mampu menjawab benar 6 soal saja.
5. Kimia dan biologi. Sebaliknya, kedua mata ujian ini justru dianggap mudah oleh sebagian besar siswa, mereka minimal bisa menjawab benar 10 soal.
Jika kamu memiliki passion di salah satu mata ujian diatas, kamu bisa belajar lebih untuk memaksimalkan skor, jika tidak passion, kamu hanya perlu menjawab benar sebanyak soal rata-rata yang bisa dikerjakan saja, sisanya dikosongkan, namun tidak boleh ada satu pun yang salah. Apabila ragu-ragu dan takut salah, kamu karus mampu menjawab lebih banyak. Intinya, kamu harus mampu melampaui target minimal yaitu rata-rata siswa biasa walaupun hanya sedikit.

Contoh:
Kamu mahasiswa biasa, nilai pelajaran dasar standar, tidak suka matematika, fisika, maupun kimia, tapi kamu unggul di biologi, maka minimal kamu harus menjawab benar 8 soal bahasa indonesia, 7 bahasa inggris, 7 matematika dasar, 6 matematika, 6 fisika, 10 kimia, dan minimal 11 biologi.


Terakhir, selalu berdoa, berbakti pada orang tua, perbanyak sedekah dan hindari maksiat.
Karena usaha manusia sekeras apapun hanya bisa mencapai 80% keberhasilan, sedangkan 20% sisanya adalah karena faktor X. Faktor X tersebut adalah kekuasaan Allah. Mungkin 20% terlihat kecil, tapi tanpanya tidak akan pernah mencapai 100%. Untuk mendapatkan faktor X ini caranya bisa bermacam-macam, tapi yang paling utama adalah dari orang tua. Karena ridho Allah itu berasal dari ridho orang tua, dan murka Allah berasal dari murka orang tua.


Semoga sedikit tips dan trik ini membantu adik-adik semua dalam mewujudkan cita-cita. :)

Baca juga:
1. Biaya kuliah kedokteran dari waktu ke waktu
2. Cerita kehidupan mahasiswa kedokteran

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

12 komentar:

Annisa Safitri Adhadiningrum mengatakan...

assalamualaikum kak niestarry :) salam kenal saya annisa, insyaallah saya punya minat untuk melanjutkan pendidikan ke fk uns :) saya ingin tanya tanya lebih mendalam seputar fk uns, kakak ada email ? terimakasih kak

Unknown mengatakan...

Kakak apakah tahun ini ada tes untuk masuk universitas?

Unknown mengatakan...

Wa'alaikumsalam adik Annisa Safitri Adhadiningrum, salam kenal juga. Kirim saja ke nisauluthfi@gmail.com, selamat bergabung ke KF UNS ya dik, semoga berhasil.. :)

Unknown mengatakan...

Adik Dodi Saputra, insyaallah tahun ini tes tetap ada seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan kepada guru BK sekolahnya masing-masing.. :)

elysrosmala mengatakan...

sangat membantu,,,

Unknown mengatakan...

Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg lagi sulit punya uang. Coba cek di sini: http://mesin.asetfb.com/?id=adhini. Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain

Unknown mengatakan...

Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg lagi sulit punya uang. Coba cek di sini: http://mesin.asetfb.com/?id=adhini. Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain

Unknown mengatakan...

Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg lagi sulit punya uang. Coba cek di sini: http://mesin.asetfb.com/?id=adhini. Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain

Unknown mengatakan...

Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg lagi sulit punya uang. Coba cek di sini: http://mesin.asetfb.com/?id=adhini. Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain

safinana mengatakan...

nice info kak, bener2 bermanfaat dan bikin semangat buat mencapai target :D

Rizqy and The Story mengatakan...

Good ... (y)

Rizqy and The Story mengatakan...

Good ... (y)

Posting Komentar