Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Selasa, 13 Januari 2015

IMPLEMENTASI IDEALISME DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Teringat percakapan dengan salah satu sahabat yang menjadi pentolan organisasi di kampus tentang implementasi idealisme dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa, ternyata masih sangat jauh dari kata ideal, walaupun mereka-mereka adalah aktivis organisasi, bahkan aktivis dakwah sekalipun..
Idealisme, bagi mahasiswa terutama aktivis organisasi, pasti kata ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Menurut Fichte dalam buku “Kamus Filsafat”, idealisme berarti pandangan yang menyandarkan keunggulan moral untuk sebuah etika manusia yang ideal. Karena kami disini adalah mahasiswa muslim, maka obrolan kami tak jauh dari kehidupan kemahasiswaan muslim sehari-hari. Nah, yang menggelitik pemikiran kami waktu itu adalah budaya menyontek.
Menurut kami, menyontek adalah degradasi yang nyata atas idealisme mahasiswa muslim. Itu merupakan salah satu bentuk kemunafikan besar bagi mereka-mereka yang mengaku memiliki idealisme. Kenapa begitu?
1. Pikirkan dengan nurani anda, pantaskan seseorang yang menyontek disebut sebagai mahasiswa ideal? Tentu tidak kan? Idealnya, mahasiswa yang baik itu tidak menyontek.. ini jawaban sederhana yang anak SD pun pasti begitu jawabannya..
2. Menyontek itu menggambarkan pelakunya tidak memiliki kepercayaan terhadap dirinya sendiri. Bagaimana dia ingin bisa dipercaya oleh orang lain bila pada dirinya sendiri saja dia tidak percaya? Dia sudah belajar, disitu kemampuannya diuji. Mumpuni apa enggak. Kalo belum mumpuni ya belajar lagi, karena mahasiswa kudu bisa jadi pembelajar sejati. Nggak usah takut salah ketika kesalahan itulah yang akan mendewasakan. eeaaakkk….
3. Senggak-ngertinya seseorang tentang jawaban suatu soal, paling tidak di situ ada pilihan, kan? Tinggal pilih jawaban A, B, C, D, atau E. Gampang kan? Semua orang dihadapkan pada pilihan yang sama bro. Tinggal kamu berani milih apa enggak. Dan setiap pilihan pasti ada konsekuensinya, benar atau salah. Setiap orang harus belajar bertanggung jawab atas pilihannya masing-masing bro.. nggak selamanya kamu bisa menggantungkan orang lain. Ini bentuk simplifikasi dari kehidupan. Gitu aja nggak berani milih, gimana kalo dibenturkan dengan pilihan hidup yang jauh lebih rumit?
4. Orang yang menyontek itu imannya dipertanyakan. Wah ini berat ini kalo nyangkut-nyangkut iman.. Tapi inilah yang dikatakan oleh ibunda Sulastri, ibu guruku tercinta waktu SMA, yang nggak mengizinkan siswanya contekan bahkan saat UN, yang selalu ku ingat sampai sekarang. “Kalau kamu nggak bisa jawab, cukup berdo’a, percaya sama Allah, Allah maha tahu, Allah maha benar, nggak usah tengok kanan kiri, percaya saja sama Allah, Allah pasti bantu kamu sesuai dengan ikhtiarmu, Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya yang sudah bersungguh-sungguh belajar berada dalam kesulitan..”
5. Menyontek itu munafik. Seperti yang kukatakan diawal. Koruptif, manipulatif. Menipu diri sendiri, menipu orang tua, menipu Tuhan. Dikira Tuhan nggak tahu apa? Gitu masih bangga?
6. Menyontek itu bagaimanapun juga adalah perbuatan yang tidak halal. Nilai hasil ujianmu akan diproses menjadi nilai IP, IP akan diakumulasi menjadi IPK, IPK lah yang akan kamu gunakan untuk melamar pekerjaan, dari pekerjaan itulah kamu digaji dan kamu gunakan untuk menghidupi anak dan istri. Lalu bagaimanakah jika nilai yang kau peroleh saja tidak halal? Seluruh prosesnya menjadi tidak halal? Hartamu?? Mau memberi makan anakmu dengan harta yang tidak halal? Kau tahu, salah satu sebab tidak dikabulkannya doa adalah karena terhalang oleh makanan yang tidak halal. Masih mau menyontek?
Tulisan ini saya tujukan untuk semua mahasiswa yang mengaku masih memiliki idealisme. Terutama untuk aktivis dakwah. Apa yang akan kamu dakwahkan ketika perbuatanmu sendiri saja sudah tidak mencerminkan Islam??
Billahi fii sabilil haq. Fastabiqul khoirot!

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

teauloo mengatakan...

h407s0qvuoi817 Bullets And Eggs,dildo,sex chair,huge dildos,sex chair,silicone sex doll,glass dildos,adult sex toys,sex toys h897i8xqrur176

Posting Komentar