Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Rabu, 24 April 2013

Peresmian Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter

Alhamdulillah pagi tadi, Rabu 24 April 2013 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Sidang II FK UNS, badan formatur Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter UNS telah diresmikan. Peresmian dihadiri oleh anggota badan formatur, DEMA, BEM, SKI, Himadan dan PMK. Hal ini berarti Prodi Pendidikan Dokter UNS telah memiliki sebuah wadah untuk menampung segala aspirasinya dan memperjuangkan kebutuhannya. 

Pendirian HMPD sendiri dimaksudkan untuk mengembalikan iklim pemerintahan di FK UNS dalam keadaan ideal. Isu pendirian HMPD sendiri telah digulirkan sejak beberapa tahun yang lalu, dan setelah melalui persiapan yang cukup matang sejak bulan januari 2013 akhirnya pada hari ini kelahiran HMPD terealisasikan.

Seperti filosofinya, kelahiran berarti awal perjuangan. Di lingkungan FK UNS, PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter) belum mempunyai naungan. Dapat kita lihat beberapa implikasinya: pengurusan SP sulit, konsolidasi antar angkatan kurang maksimal, info-info penting terkait kemahasiswaan sulit dijangkau, BEM yang seharusnya dimiliki fakultas malah harus juga mengatur mahasiswa PSPD –yang kemudian mempunyai potensi timbulnya kecemburuan sosial–, dan sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah himpunan yang menaungi mahasiswa PSPD sehingga dapat menjangkau hal-hal tersebut.

Fungsi himpunan mahasiswa secara umum adalah menjaga alur informasi yang baik dan adekuat untuk mahasiswa PSPD, mengatur kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan mahasiswa PSPD –baik akademis maupun non-akademis–, menjaga keharmonisan antar angkatan mahasiswa PSPD, serta menjadi perantara mahasiswa untuk komunikasi dan advokasi tingkat program studi.


Dengan demikian, pengadaan himpunan mahasiswa untuk mahasiswa PSPD sangatlah penting dan perlu dilaksanakan sesegera mungkin guna menekan berbagai kekurangan birokrasi dan regulasi mahasiswa tingkat prodi dan meningkatkan keharmonisan dan keeratan tali persaudaraan antar organisasi kedokteran dan antar angkatan.

Program pencapaian lima tahun HMPD (Pelita HMPD):
•Membangun Ketahanan Internal Organisasi dalam Kekeluargaan dan Eksistensi Organisasi dalam Manfaat
•Menjadi Pusat Koordinasi antar Angkatan Mahasiswa Pendidikan Dokter S-1 dan Profesi
•Berpartisipasi dalam Pengelolaan Kurikulum Pendidikan
•Mengusung Wacana Interprofessional Education di UNS
•Melakukan Upaya Konservasi Budaya Lokal
•Pengembangan Penelitian Medical Education
•Menciptakan Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan

HMPD lahir dengan 4 bidang, yaitu: 
1. Kesekretariatan, Informasi dan Komunikasi (KIK)
Merupakan struktur yang bertanggung jawab penuh dalam usaha pengelolaan komunikasi, informasi, administrasi, dan kesekretariatan lintas bidang dan organisasi dalam seluruh aktivitas Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter. Bidang ini bergerak dalam hal pembentukan citra HMPD dan publikasi kegiatan, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

2. Pendidikan dan Profesi (Pendpro)
Merupakan struktur yang bertanggung jawab penuh dalam usaha pencapaian iklim mahasiswa FK yang kondusif menanggapi kebutuhan serta perkembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pendidikan tinggi dan profesionalisme. Bidang ini bergerak dalam hal pengembangan ilmu dan pengetahuan mahasiswa kedokteran di bidang keprofesian. Pendpro bertangung jawab untuk menjadikan mahasiswa kedokteran Indonesia mampu bersaing dengan mahasiswa dari negara maju lainnya.

3. Kajian Strategis dan Advokasi (Kastrad)
Merupakan struktur yang bertanggung jawab penuh dalam usaha aktualisasi peran kemahasiswaan dan kepemudaan sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam beraktivitas dan berpartisipasi dalam pengkajian serta menyikapi poin-poin strategis dalam ruang lingkup kebijakan kemahasiswaan, kurikulum pendidikan tinggi, profesionalisme, serta kesehatan. Bidang ini melakukan pengelolaan isu-isu strategis dan insidental untuk kehidupan mahasiswa maupun masyarakat terutama dalam bidang kesehatan. 

4. Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
Merupakan struktur yang bertanggung jawab penuh dalam usaha pembinaan sumber daya manusia sebagai pelaku dalam aktivitas organisasi kemahasiswaan hingga nanti mempengaruhi sumber daya di setiap bidang serta berpengaruh pada aktivitas dalam satu kesatuan organisasi. Bidang ini bergerak dalam hal pengembangan seluruh pengurus dan anggota HMPD, sehingga tercipta rasa kekeluargaan dan saling memiliki di dalam badan kepengurusan. Selain itu, PSDM juga berfungsi untuk meningkatkan minat mahasiswa kedokteran dalam pembangunan karakter yang menjadi modal utama untuk membangun bangsa dan Negara.





Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar