Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Kamis, 31 Januari 2013

Cerita Kehidupan Mahasiswa Kedokteran

Gak bakal habis cerita tentang suka duka menjadi mahasiswa FK kalau diceritakan. Tapi paling gak, ada sedikit yang bisa dibagi kepada adik-adik calon mahasiswa yang masih bingung memilih jurusan. Mau jadi dokter tapi takut, atau gak mau jadi dokter tapi dipaksa orang tua. hehe.. Disini ada 2 video yang menggambarkan garis besar kehidupan mahasiswa fakultas kedokteran UNS.

Video pertama bisa dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=UNeOT9nK9vo&feature=player_embedded . Video tersebut dibuat oleh mahasiswa FK UNS angkatan 2009. Dalam video tersebut diceritakan bagaimana kehidupan sehari-hari mahasiswa, bagaimana suasana kuliahnya, praktikum, tutorial, kegiatan mahasiswa, dll. Juga ada tips-tips bagaimana agar sukses menempuh studi preklinik di FK UNS. Pokoknya inspiratif banget.

Ada juga video di http://vimeo.com/56375054. Kalu video ini menceritakan tentang kehidupan koass. Apa itu koass? Koas adalah masa transisi dari sarjana kedokteran menuju profesi dokter. Jadi disini kita sudah wisuda tapi belum boleh praktek. Ketika kuliah kedokteran kalian belajar teori penyakit kemudian diwisuda jadi S.Ked (namanya pendidikan preklinik). lalu masuklah pendidikan klinik alian koass, jadi kita juga masih mahasiswa tapi hanya belajar prakteknya jadi dokter itu seperti apa.

Tapi jangan kalian terlalu menganggap enteng kuliah di FK, karena sebenarnya kehidupan aslinya gak seindah yang ada di video. hehehe... Diperlukan niat dan semangat yang seribu kali lebih kuat dari Baja untuk menjadi mahasiswa FK, harus sejuta kali lebih rajin daripada masa-masa SMA, harus memiliki mata yang lebih jeli, telinga yang lebih peka dan hati yang lebih perasa untuk menjalani hari-hari sebagai mahasiswa. Dan yang paling penting adalah modal mental dan attitude. Jangan pernah menyerah bagaimanapun hasil pahit yang akan kalian dapat selama belajar, karena bagaimanapun itu bukan kegagalan tapi pembelajaran. Kalian benar-benar akan merasakan bagaimana irinya bilang temen dari fakultas lain bilang "Mata kuliah ini pasti dapet A lah.." karena disetiap sujud dan doa kalian hanya satu harapan "semoga lulus". Dapet nilai A adalah sebuah anugerah yang luar biasa dan kalian akan merasakan betapa bahagianya dapet nilai itu karena memang perjuangannya begitu luar biasa.

Satu kata untuk calon mahasiswa FK, calon dokter, calon sejawat (insyaallah).. Nikmatilah!

Baca juga:
1. Soal tes masuk kuliah kedokteran
2. Tips dan trik lolos ujian masuk kedokteran
3. Biaya kuliah kedokteran dari waktu ke waktu
4. Osmaru FK kayak apa sih?


Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

Unknown mengatakan...

kak,,buku kedokteran itu b.inggris semua ya ka?

Unknown mengatakan...

Enggak kok dik. Banyak buku pegangan yang udah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Adik mahasiswa baru?

Unknown mengatakan...

kak,sulit tidak belajar di FK?

Unknown mengatakan...

Enggak kok, asal rajin pasti bisa.. :)

Unknown mengatakan...

kak kalo bole tau biaya di fk uns berapa ya kak?

Unknown mengatakan...

Dari tahun ke tahun biayanya beda-beda... info lebih lanjut bisa cek hmpd.fk.uns.ac.id :)

Unknown mengatakan...

www.cetakbukuimpor.com. Susah cari buku referensi atau jurnal internasional? Kami mencetak kembali textbook terbitan luar negeri dan paper dari jurnal internasional dengan harga murah, berwarna dan/atau hitam-putih dengan gradasi sehingga gambar masih jelas (bukan fotocopy). Textbook yang tersedia hampir semua jurusan dan spesialisasi mulai dari ekonomi, kedokteran, psikologi, teknik sipil, teknik industri, geologi, geofisika dll

Posting Komentar