Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Sabtu, 19 Juli 2014

KKN FK UNS

Sehari setelah pemilu, tanggal 10 juli kemarin, rektor UNS melepas lebih dari 2000 mahasiswa untuk melaksanakan KKN. Yup, tahun ini UNS kembali memberlakukan KKN sebagai salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 setelah vakum selama 13 tahun lebih. Pemberlakuan wajib KKN ini dalam rangka memenuhi poin ketiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.


KKN kali ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2011 dari semua fakultas, yaitu FSSR, FISIP, FH, FEB, FMIPA, FKIP, FK, FP dan FT, yang telah memenuhi 110 SKS. Mereka disebar ke 15 kabupaten di Jawa tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya UNS juga telah memberangkatkan 40 mahasiswa KKN vokasi pada bulan februari, dan setelah ini UNS kembali akan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti KKN kebangsaan di Kalimantan.

Sejak awal, seluruh mahasiswa angkatan 2011 memang sudah disosialisasikan mengenai akan diberlakukannya wajib KKN kembali, untuk itu mereka diwajibkan membayar 1,2 juta untuk keperluan KKN selama 6 minggu, dengan rincian biaya hidup (makan, listrik, air, tempat tinggal) 900.000, atribut 75.000, transportasi 200.000, asuransi dan keperluan lain 25.000. Sedangkan untuk biaya program dicarikan dari pihak ketiga.

Memang, karena KKN baru pertama kali dilaksanakan, dan mehasiswa yang menjadi peserta KKN sangat banyak, sementara petugas UPKKN hanya 5 orang, maka selama persiapannya memiliki banyak kendala, baik kendala internal yaitu yang berasal dari mahasiswa sendiri mupun stake holder universitas, maupun kendala eksternal yaitu dari pemerintah kabupaten, dan lain sebagainya. Namun pada akhirnya semua dapat berjalan dengan lancar. :)

Karena judul post ini adalah KKN FK UNS, saya akan membahas lebih mendetail mengenai situasi dan kondisi mahasiswa FK UNS ketika dihadapkan dengan program KKN, terutama untuk mahasiswa Pendidikan Dokter, karena kebetulan tahun ini dari FK hanya prodi Pendidikan Dokter yang melaksanakan KKN, sedangkan Prodi Psikologi akan melaksanakannya pada bulan januari mendatang.

Setelah semester 5 berakhir, mahasiswa yang telah memenuhi 110 SKS dipersilahkan mengambil mata kuliah KKN untuk semester 6. Sebelumnya mahasiswa tersebut wajib menyelesaikan administrasi berupa melunasi biaya KKN sebesar 1,2 juta dan surat keterangan sehat dari Medical Center. Setelah mahasiswa mengisikan makul KKN ke KRS semester 6 dan diverivikasi oleh pihak UPKKN, mahasiswa dipersilahkan memilih kelompok, lokasi dan tema yang dia inginkan.

Namun ternyata, dalam keberjalanannya, ketika data yang masuk dari pendaftar diolah oleh UPKKN, ternyata ditemukan ketimpangan yang menyebabkan kelompok mahasiswa terpaksa harus diacak kembali untuk meratakan sebaran. Sebaran yang dimaksud adalah sebaran gender dan sebaran bidang keilmuan.
Hal tersebut dikarenakan ada banyak kelompok yang isinya mahasiswa perempuan semua tanpa mahasiswa laki-laki, dan kelompok yang isinya mahasiswa non-eksakta semua tanpa mahasiswa eksakta. Nah, perubahan kelompok yang mendadak dan tanpa informasi sebelumnya ini menimbulkan reaksi dari kalangan mahasiswa kedokteran. Mereka merasa kecewa dan melakukan protes pada pihak UPKKN. Namun setelah dilakukan audiensi dan diberikan penjelasan, akhirnya mahasiswa bisa menerimanya.

Akhirnya, pemberangkatan pun dilaksanakan. Upacara pelepasan mahasiswa KKN dilaksanakan di halaman rektorat UNS dan dipimpin langsung oleh rektor UNS. Terselenggaranya upacara tersebut tak lain dan tak bukan adalah hasil dari jerih payah banyak pihak, terutama UPKKN, dan mahasiswa KKN vokasi yang suka rela membantu.


Walaupun pada awalnya sebagian mahasiswa merasa keberatan karena adanya kepentingan akademis, kepentingan keluarga, dan lain sebaginya, setelah KKN dilaknsanakan, ternyata mereka antusias dan bersemangat untuk mengikutinya. Hal ini terlihat dari banyaknya perubahan status mahasiswa di sosial media dari yang semula penuh komplain, sekarang mereka lebih sering meng-upload status syukur, gembira dan bahagia serta foto-foto mereka. Seneng banget lihat temen-temen bahagia dengan KKN mereka. :)

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar