Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Jumat, 21 Desember 2012

OSCE SEMESTER 3

Oke mulai sekarang latihan posting bermutu, aku mo share tentang OSCE FK UNS semester 3. Buat adik-adik yang akan menginjak semester ini baca baik-baik yaa.. ^^

Pertama aku masuk stase respirasi, alhamdulillah pengujinya baik. Pertama aku masuk ruangan mukanya masih jutek, mungkin karena peserta sebelum aku gak bisa ngerjain, tapi aku senyumin aja lalu aku melakukan pemeriksaan. Kalo aku salah aku tertawa, pengujinya ikut tertawa dan aku diajarin. Lalu baru sampe 1/2 pemeriksaan (dada posterior) aku disuruh berhenti lalu diajak ngobrol (gak nglanjutin dada anterior). alhamdulillah.. gitu juga di stase keduaku yaitu muskulo.
Jadi kuncinya itu salam, senyum dan ketawa kalo salah. Insyaallah dimudahkan :)

Stase ketiga, neurologi, aku dapet skenario kekuatan motorik ekstremitas inferior, refleks fisiologis dan refleks patologis ekstremitas inferior. Kebetulan aku dapet penguji dr. Adi (ciri2: pake behel), dokter yang terkenal perfeksionis, sekelompokku kena semprot semua, bahkan ada salah seorang temenku yang sampe nangis didalem stase, kalo dia mah senyum aja senyum sinis jatuhin mental, apalagi kalo ngomong... Tapi dasar aku punya muka badak dan kuping badak, aku santai aja. Tetep senyum, salah ketawa, minta maaf dan tetep pede. Akhirnya dokternya bilang "kamu udah lumayan". Alhamdulillah..
Jadi kuncinya pasang muka badak dan kuping badak kalo ngadepin penguji rese dan galak. Gak usah didengerin komentarnya, emang pedes dan emang jatuhin mental kalo didengerin. Enjoy aja.. ^^

Stase keempat, kardio. Disana pengujinya sumpah jutek dingin tanpa senyum. Kalo gini ceritanya anggep aja penguji hanya mitos, abaikan, bercuap aja secapek-capeknya, dia bakal tetep diem aja. Kalo penguji tipe ini gak bisa ditebak nilainya, bedoa saja pada Yang Kuasa. Gak ada tips khusus untuk menghadapi penguji tipe ini.

Stase terakhir, EKG, stase yang entah kenapa jadi momok para mahasiswa. Di stase ini aku dapet undian V5 dan lead tambahan. Mampus, apaan tuh lead tambahan? Setauku cuma ada lead precordial sama lead ekstremitas. Yaudah aku berdoa aja sambil masang lead ekstremitas. Alhamdulillah bener. :D Ternyata lead tambahan=lead ekstremitas. Oiya kalo masang lead jangan pas tulang ya, jangan sampe kena malleolus medial maupun lateral, nanti nilainya kurang.
Abis itu aku ditanyain: frekuensi, irama, rate, LVH dan RVH. Alhamdulillah bisa jawab.. :D

Gitu aja postku kali ini, semoga membantu. Intunya santai aja, OSCE pasti berlalu kok. Jangan lupa berdoa supaya dapet penguji yang baik. ^^ 

Baca juga:
Semester 3 benar-benar FK
Semester 4 FK UNS

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar