Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Minggu, 15 Maret 2015

Uji Komprehensif FK UNS

Illustrasi: OSCE

Bagi kami mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, wisuda bukanlah akhir dari masa study. Bukan berarti bisa leha-leha, foya-foya, hura-hura, dan semacamnya setelah wisuda. Karena bagi kami wisuda tak lebih dari sekedar seremoni. Setelah wisuda, masih ada sebuah tes yang harus dilalui mahasiswa jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan klinik (koass). Ujian itu adalah uji komprehensif atau disingkat kompre. Uji komprehensif terdiri dari dua ujian, yaitu ujian prektek (OSCE) dan ujian tulis. OSCE sendiri terdiri dari 7 stase, yaitu: stase kardio-respirasi, stase gastro-infeksi-endokrin, stase bedah-urogenital, stase obstetri-ginekologi, stase bantuan hidup dasar, stase spesial sensory, dan stase neuro-muskuloskeletal. Nah uji komprehensif inilah yang menentukan seorang mahasiswa kedokteran berhak melanjutkan koass atau tidak.

Kebahagian wisuda tak sepenuhnya kurasakan kerena 2 hari setelahnya aku harus menghadapi uji komprehensif. Apalah arti sebuah upacara ketika rasa bahagia tercampur cemas, raut gembira namun hati was-was. Ketika menunggu giliran dipanggil maju ke podium menerima penghargaan sarjana kami gunakan untuk membaca materi. Ketika yang lain asik foto-foto selfi kami asik murojaah checklist. Ketika yang lain bawa bunga atau boneka malah bawa buku persiapan kompre. Sesuatu banget lah~

Terkhusus untukku, OSCE kompre kali ini membawa kesan tersendiri, kesan yang begitu dalam. Aku yang sudah terbiasa mendapat shift tengah-akhir ketika kompre, masih leha-leha dan hura-hura seminggu sebelum pelaksanaan OSCE, takada rasa panik sama sekali, karena pikiranku "toh ntar juga dapetnya shift belakangan". Eh ternyata perkiraanku melesat jauh dari keinginan awal, H-2 wisuda ketika pembagian shift OSCE kompre diumumkan, namaku tercantum di daftar peserta hari pertama shift pertama... jedheeeng......!!!!!!!!

Panik? Galau? Takut? Cemas? Nangis? Pengen bunuh diri? Enggak.... itu mah lebay.... aku ngerasa biasa aja, mungkin bingung harusnya ngerasa gimana, kayaknya emosiku hilang saat itu juga. Ekspresi tetep datar, terus tidur.... -_____-"

Hari Kamis. Karena hari itu aku tidur, otomatis kesempatan belajarku hilang 1 hari. Tapi yaudah sih.. mau diapain lagi, daripada stress....

Aku merasa sangat amat tenang dan nyaman saat itu, nggak ada rasa negatif sama sekali, pokoknya dipikiranku cuma bahagia, syukur, khusnudzon.. "Allah pasti sayang banget sama aku, sampai Dia memberiku giliran pertama, Allah pasti ingin menjadikanku dokter yang tangguh di segala situasi dan kondisi, dokter yang tegar dan tahan banting, dokter yang luar biasa pokoknya, dan aku yakin Allah tidak akan mempersulitku di OSCE ini, Allah pasti bantu".

Hari Jumat, aku pun belajar bersama teman-teman sampai sore, karena besok adalah hari wisudaku, otomatis aku nggak bakal belajar. Jadi bisa nggak bisa, mau nggak mau, seenggaknya hari ini aku udah mereview semua pemeriksaan yang mungkin diujikan.

Hari sabtu, hari wisudaku,otomatis hilang lagi satu hari kesempatan belajarku. Kenapa nggak mau nyambi belajar saat wisuda? Ya ampun.... ini moment penting bro... cuma sekali seumur hidup.. dinikmati lah~

Hari minggu, ini adalah hari terakhir kesempatan belajarku karena besok pagi adalah eksekusinya. Tapi hari ini aku hanya bisa persiapan alat dan bahan yang sekiranya harus dibawa besok, dan hanya lebih banyak belajar tips trik dan cara cepat belajar.. hahaha... udah nggak guna banget.. tapi yaudah sih daripada nggak ngapa-ngapain sama sekali. Hari ini pun ba'da dhuhur sampe sore aku arisan keluarga dirumah tanteku, main-main lagi.. Ah parah banget guee... orang besok ujian.. tapi yowislah, aku udah pasrah.. cuma bisa doa....

Hari Senin, ini adalah hariku. Kuawali dengan sholat tahajjud, doa, minta restu orang tua, lalu berangkat pagi. Jam 6 aku berangkat dari rumah, biar nggak panik dan menghindari macet. Sampai sana pukul 7, aku mereview beberapa resep sambil terus berdoa.

Pukul 8 ujian dimulai, aku memasuki stase pertama yaitu bedah-urogenital. Disana alhamdulillah skenarionya enak, pasien kecelakaan terus luka robek, jadi tinggal manajemen luka dan menjahit luka. Fail ku disini adalah aku menjatuhkan jarum setelah penjahitan selesai. Tapi semoga saja masih lulus.

Stase kedua adalah spesial sensory, disini aku mendapatkan kasus mata merah, setelah anamnesis dan pemeriksaan fisik kutentukan diagnosisnya adalah konjungtivitis bakterial. Lalu aku pun menuliskan resep dan edukasi. Udah itu aja, semoga nilainya baik.

Stase ketiga adalah bantuan hidup dasar, disini skenarionya pasienku tersengat listrik, jatuh dari atap kemudian cidera servikal hingga cardiac arrest. Tugasku memberikan bantuan hidup dasar. Yaudah gitu aja, malah banyak ngobrol sama pengujinya. Kesalahanku disini adalah saat memberikan nafas buatan hidung manekinnya nggak aku tutup. Haha... lupa.... tapi semoga saja pengujinya nggak tau.. :p

Stase keempat adalah kardio-respirasi. Disini aku mendapatkan kasus TB. Jadi setelah melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik aku pun membaca hasil pemeriksaan penunjang sputum BTA dan foto rontgen. Setelah itu aku edukasi pasien dan memberi resep. Alhamdulillah di stase ini lancar.

Stase kelima adalah obsgyn. Datang pasien ibu-ibu hamil 9 bulan mau ANC. Yaudah ANC aja. Pengujinya baik alhamdulillah lancar juga di stase ini, cuma agak fail dikit pas menentukan usia kehamilan, ngeblank, 14 hari tuh berapa minggu?? Bingung gueehh... grogi sih.. malu-maluin aja.. xp

Stase keenam adalah neuro-muskuloskeletal. Ini adalah stase paling fail, fail, faillll bangettt... T.T Jadi datang pasien abis kecelakaan, abis anamnesis curiga fraktur, terus aku mau ngelakuin pemeriksaan fisik, eh pasiennya gamau diperiksaa.. T.T Yaudah langsung aja gue bidai, terus gue rujuk...mbuh lah cuma keajaiban yang bisa bikin gue lulus di stase ini.

Stase ketujuh, stase terakhirku, gastro-infeksi-endokrin. Dapet pasien hepatitis. Yaudah biasa anamnesis terus pemeriksaan fisik terus kasih obat dan edukasi. Distase ini aku dipuji sama pengujinya, kata beliau pemeriksaanku bagus.. aaaiihhh jadi malu... *blushing*

Overall aku merasa OSCE kali ini ajaib banget, dapetnya kasus yang enaaakkk banget, nggak aneh-aneh, pengujinya juga nggak serem-serem.. alhamdulillah banget... keajaiban banget...

Sekali lagi aku percaya kekuatan doa itu nyata.. :)

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar