Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Sabtu, 23 Agustus 2014

Osmaru "ORBITA" 2014

ORBITA adalah singkatan dari "Orientation to Build Intergrity and Outstanding Doctors", merupakan nama dari kegiatan osmaru untuk prodi Kedokteran FK UNS angkatan 2014 ini. Dalam kegiatan ini, kebetulan saya menjadi salah satu tim Komisi Disiplin (Komdis), yaitu komisi (setingkat diatas sie) yang bertugas untuk mendisiplinkan semua peserta maupun panitia selama keberjalanan osmaru, mulai tahap persiapan hingga pelaksanaan. Anggota tim Komdis dikenal sangat tegas dan memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi. Walaupun begitu, kami tidak pernah semena-mena dalam memberikan hukuman, tidak pernah mencari-cari kesalahan, selalu memiliki alasan logis dalam setiap kemarahan, dan kami tak lupa memberikan reward pada peserta maupun panitia yang taat aturan.

Untuk mempersiapkan ORBITA, panitia memerlukan waktu sekitar 2 bulan. Dalam waktu yang sangat singkat itu panitia bekerja sangat keras agar keberjalanan acara nantinya dapat sukses. Saya adalah satu-satunya panitia angkatan 2011 yang tersisa karena teman-teman seangkatan saya sedang KKN, untuk itu saya mendapat tugas yang tidak ringan, untunglah partner saya adalah adik-adik tingkat yang luar biasa.

Selama waktu itu, kami anggota Tim Komdis mempersiapkan, tugas peserta, reward and punishment, serta kasus dan teknis komdis time. Seluruh rencana kami harus selalu dikonsultasikan dengan dosen pembimbing agar tidak melampaui batas namun tujuan dari osmaru ini tetap tercapai. Apabila ada tugas maupun punishment yang dirasa terlalu berat maka dosen pembimbing tak segan-segan untuk menghapusnya. Begitupun selama kegiatan berlangsung, dosen pembimbing yang berjumlah 7 orang secara bergiliran selalu mengawasi kami. Maka segala yang kami terapkan di osmaru ini telah mendapat persetujuan dan selalu dalam sepengetahuan dosen pembimbing, tidak ada perpeloncoan apalagi sebagai ajang balas dendam.

Aku ingat ada beberapa peserta yang mengapresiasi acara kami seperti yang tertulis dalam diary ORBITA mereka, seperti ini contohnya:
1. Saya merasa bahwa osmaru ini menyenangkan, tidak terlalu membebani saya karena mulainya pukul 7 pagi, tidak seperti saya dulu ketika masuk di universitas ********* masuknya pukul 5 pagi.
2. Saya senang di osmaru ini kami diperlakukan sebagai mahasiswa berintelektualitas tinggi, tidak ada perpeloncoan.....
3. Osmaru ini mengajarkan pada kami bahwa untuk menjadi dokter perlu disiplin tinggi, teliti dan memperhatikan detail, serta perlunya kerjasama dengan sejawat.
4. Tugas yang diberikan selama osmaru ini mungkin sangat banyak, namun saya yakin ini hanyalah sepersekian persen dari tugas yang akan kami terima nantinya saat menjadi dokter, dan ini adalah pemanasan bagi kami.
5. Tugas yang diberikan mas/mbak panitia memiliki tujuan agar kami selalu disiplin, teliti, tekun, rajin dan selalu bekerjasama.

Terima kasih adik-adikku yang telah mengapresiasi kami. Semoga kalian bisa memetik hikmah dari kegiatan ini. Dan semoga kalian menjadi dokter-dokter terbaik bangsa ini.

Terima kasih pula pada seluruh rekan-rekan panitia yang telah bekerja keras demi keberlangsungan kegiatan ini. Semoga apa yang telah kita korbankan tidak sia-sia dan mendapat balasan yang lebih baik dari Yang Kuasa.

Dan inilah wajah-wajah panitia setelah kegiatan selesai. Meski lelah, senyuman kegembiraan tak pernah pudar dari wajah mereka, yang selalu memancarkan semangat.


Inilah teaser video osmaru "ORBITA" yang dibuat oleh teman-teman PDD..

Dan Inilah sekilas pandang kegiatan kami di Osmaru "ORBITA" 2014 :)




Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar