Karena kekayaan sesungguhnya adalah ilmu, maka abadikanlah ilmumu dengan menuliskannya -niestarry-
RSS

Selasa, 22 April 2014

Teori vs Pengalaman Pribadi

Selepas menjalani blok geriatri yang begitu melelahkan *tsaahhh....*, ada beberapa teori yang diajarkan di kuliah yang masih terngiang sampai sekarang. Apa aja itu:
1. Depresi adalah gangguan mood yang paling sering pada lansia. Dampaknya dapat berupa: disabilitas, penurunan fungsi dan kualitas hidup yang rendah, mortalitas meningkat akibat penurunan kondisi medis umum, bunuh diri, dst
2. Penyebab depresi yang terbanyak adalah kesepian (loneliness)
3. Penyebab kesepian biasanya adalah karena meninggalnya teman hidup
4. Prevalensi janda > duda. Karena wanita cenderung tidak menikah lagi dan bisa berperan sebagai single parent walaupun saat menjanda usianya masih muda. Sedangkan pria cenderung lebih tergantung pada wanita sehingga apabila pasangan meninggal/berpisah mereka segera menikah lagi.
5. Wanita memiliki kemampuan sosial yang lebih baik dibanding pria sehingga lebih jarang mengalami depresi karena kesepian.

Yah.. ternyata teori tidak jauh dari pengalaman pribadi juga ya.. hahaha...
Memang, dari yang aku alami selama ini, laki-laki itu ketika ada masalah tidak pernah bercerita pada siapapun. Menurutku, itulah yang menyebabkan mereka tidak pernah merasa lega karena setiap ada masalah selalu disimpan sendiri.

Dan itulah mengapa apabila mereka berpisah dengan pasangannya, mereka cepat berpindah hati. Mereka tidak mungkin terus-menerus larut dalam kesedihan karena sebenarnya mereka sangat tergantung pada perempuan. Bisa dimaklumi ketika laki-laki menyimpan banyak masalah dalam hatinya maka dia sangat butuh seseorang yang bisa menentramkan, siapa lagi kalau bukan pasangan. Laki-laki harus terlihat kuat untuk menunjang maskulinitasnya. Itulah mengapa ketika dia merasa sedih saat ditinggal pasangan, dia akan segera mencari pengganti untuk meredam kesedihannya dan menunjukkan bahwa dia itu "cowok banget" dan "bisa hidup tanpa kamu".

Jika pasangan telah menjalin hubungan yang lama, bertahun-tahun, kemudian berpisah, dan dalam waktu kurang dari sebulan ternyata si pria sudah mencari pengganti, maka artinya si pria itu sangat mencintai pasangannya. Dia pasti sangat terpukul akibat perpisahan itu sehingga dia berfikir harus cepat-cepat mencari pengganti untuk melupakan masa lalunya. Semakin cepat si pria pindah hati, berarti semakin besar pula rasa cintanya pada si wanita. Namun, ini berbeda cerita bila pria itu memang play boy, bedanya jika playboy tidak mungkin bisa menjalin hubungan dalam waktu yang lama.

Tapi tenang saja, walaupun pria lebih mudah berpindah hati namun sebenarnya mereka cenderung setia. Walaupun sudah berganti-ganti pasangan berkali-kali, tapi yang membekas di hati pria hanya satu wanita saja.



Referensi:
Kuliah psikogeriatri
Karakter pria
Pria lebih menderita bila patah hati
Apa yang terjadi pada pria jika patah hati?
Pria golongan darah O

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar